Monday, April 23, 2007

topeng monyet!

pernah liat topeng monyet kan?
pasti pernah donk...
minimal waktu masih kecil or klo beruntung ya pernah nanggap alias memakai jasa abang-abang tukang topeng monyet yg biasa keliling dari satu kampung ke kampung lainnya.

dulu, waktu masih kecil, biasanya gw merasa terhibur sekali kalo ada tetangga yang lagi nanggap topeng monyet yang kebetulan lewat. maklum, masa kecil gw agak sedikit kurang bahagia coz bokap nyokap selalu ada di luar rumah demi mencari sesuap nasi bwt gw sekeluarga (ceile.... bahasanya!). so, otomatis g ada yg bakalan berbaik hati menyewa jasa tukang topeng monyet di rumah coz rumah kan sepi. palagi uang jajan pas2an :P

kembali ke masalah topeng monyet yang lucu dan imut-imut, beberapa waktu lalu gw menemukan tukang topeng monyet yang lagi show di atas kereta api listrik alias KRL jurusan bogor-jakarta. kayanya emang abang-abang tukang monyet (selanjutnya disingkat menjadi AATM, red) itu udah keabisan akal buat nyari tempat pertunjukan topeng monyetnya, sampai rela tampil di depan khalayak ramai civitas perkerataapian [maksa!;p]. AATMnya waktu itu dengan gesit berusaha mengendalikan monyetnya untuk melakukan adegan-adegan yang biasa terjadi di dunia topeng monyet (yaiyalah...). gw dan temen2 gw mencoba menikmati pertunjukan topeng monyet gratis di kereta waktu itu. tapi entah kenapa gw g bisa menikmati perhelatan yang biasa disukai anak2 n orang dewasa tersebut. gw merasa, seperti ada yang salah di sini. gw terenyuh demi ngeliat monyet tersebut dipaksa melakukan apa-apa yg belum tentu dia suka. dengan kalung di leher yang dihubungkan dengan rantai untuk dikendalikan oleh sang AATM, monyet tersebut terlihat kewalahan setiap kali atraksinya harus berganti dengan beberapa atraksi yang lain. kebebasannya terenggut, keceriaannya hilang dikarenakan kemerdekaannya yang tercerabut. klo aktivis green peace tau, bakalan seru nih...
hehehe

tapi ngeliat monyet itu, gw jadi membayangkan diri sendiri or orang-orang laen yg terbelenggu kebebasannya
entah sukarela, maupun terpaksa?
gimana rasanya klo ternyata kita harus menukarkan kebebasan yg kita miliki dengan rantai yg melingkar di leher
melakukan apa yg tidak kita suka, dan ketika apa yg kita lakukan harus segera kita ganti dengan kegiatan lain

terbelenggu, mau????

No comments: